SELAMAT DATANG DI BLOG MUHAMMAD ANANG MA'RUF

Selasa, 20 Februari 2018

MANAGEMENT BANDWIDTH USER HOTSPOT PADA MIKROTIK RB 941

 MENEGEMENT BANDWITCH USER HOTSPOT PADA MIKROTIK RB 941

Assalamu'alaikum wr. wb

 1. PENDAHULUAN

Pengertian Bandwidth dan Pengelolaannya - Apa itu Bandwidth ?? Biasanya bagi anda yang sering menggunakan fasilitas internet untuk mendownload software, film atau game dan sebagainya. Entah itu di warnet maupun di jaringan yang anda buat sendiri, pastinnya anda telah mengetahui apa itu bandwidth.
Pada pembahasan kali ini penulis akan menjelaskan bagi anda yang masi belum tau tentang Bandwidth serta pengelolaan bandwidth (Bandwidth Management) pada jaringan khususnya pada perangkat mikrotik.

  • Pengertian
Bandwidth (lebar pita) adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Dalam kerangka ini, Bandwidth dapat diartikan sebagai perbedaan antara komponen sinyal frekuensi tinggi dan sinyal frekuensi rendah. frekuensi sinyal diukur dalam satuan Hertz. sinyal suara tipikal mempunyai Bandwidth sekitar 3 kHz, analog TV broadcast (TV) mempunyai Bandwidth sekitar 6 MHz.
Jadi bandwidth itu adalah nilai hitung atau perhitungan konsumsi transfer data telekomunikasi yang dihitung dalam sebuah bit perdetik atau yang biasa disingkat bps yang terjadi antara server dan client dalam waktu tertentu dalam sebuah jaringan.

Bandwidth dalam ilmu komputer adalah suatu perhitungan konsumsi data yang tersedia pada suatu telekomunikasi. Dihitung dalam satuan bits per seconds (bit per detik). Perhatikan bahwa bandwidth yang tertera komunikasi nirkabel, modem transmisi data, komunikasi digital, elektronik, dll adalah bandwidth yang mengacu pada sinyal analog yang di ukur dalam satuan hertz.
  • Maksud Dan Tujuan
Bandwidth Management (pengelolaan lebar pita) adalah proses mengukur dan mengendalikan komunikasi (lalu lintas, paket) pada link jaringan, untuk menghindari mengisi link ke kapasitas atau overfilling link, yang akan menghasilkan kemacetan jaringan dan kinerja yang buruk dari jaringan. manajemen bandwidth diukur dalam bit per detik (bit / s) atau byte per detik (B / s).
2. PROSES

1. pertama kita buat hotspot 
2. jika sudah buat hotspot > buat user ( terserah )contoh siswa
3. selanjutnya msuk User profiles 
4. name siswa artinya kita mengatur bandwitch user siswa
5. shared user artinyaberapa user yang dapat digunakan kali ini saya isi 100
6. rate limit rx/tx itu artinya kita mengatur berapa kecepatan upload dan kecepatan download, kali ini saya mengisi kecepatan upload 3 MB dan download 2 MB


 7. saya cek di speedtest di google dan yang kita rasakan adalah godputini contohnya :






3. PENEMUAN PERMASLAHAN 

- saat ini belum ada permasalahan
4. KESIMPULAN

jadi pada intinya management bandwidth itu adalah kita memberikan batas kecepatan pada user tertentu.

sekian dari saya wassalamu'alaikum wr.wb



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Additional

Maybe if you like and want to request a blog post? You can do this through email messages. Or through social media messages below.




Comments

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *