SELAMAT DATANG DI BLOG MUHAMMAD ANANG MA'RUF

Jumat, 12 Januari 2018

menjaga keamanan dan memblokir situs dengan address list


Assalamu’alaikum wr.wb

A. JUDUL
memblokir situs menggunakan firewall > address lists

B. PENDAHULUAN

1. Pengertian
memblokir situs di firewall menggunakan address list Secara umum, firewall filtering biasanya dilakukan dengan cara mendefinisikan IP addres, baik itu src-address maupun dst-address. Misalnya Anda ingin blok komputer client yang memiliki ip tertentu  atau ketika melakukan blok terhadap web tertentu berdasarkan ip web tersebut. Firewall tidak hanya digunakan untuk melakukan blok client agar tidak dapat mengakses resource tertentu, namun juga digunakan untuk melindungi jaringan local dari ancaman luar, misalnya virus atau serangan hacker. Biasanya serangan dari internet ini dilakukan dari banyak IP sehingga akan sulit bagi kita untuk melakukan perlindungan hanya dengan berdasarkan IP. Nah, sebenarnya ada banyak cara filtering selain berdasar IP Addres, misalnya berdasar protocol dan port. Berikut contoh implementasi dengan memanfaatkan beberapa parameter di fitur firewall filter.

2. Latar Belakang

menggunakannya internet untuk hal hal yang tidak perlu di lakukan. Dan saya disini akan memblokir situs yang tidak dibutuhkan dalam suau pekerjaan menggunakan addres lists.

3. Maksud danTujuan

pemanfaatan internet dengan dengan sebik baiknya.

4. Hasil yang Diharapkan

aya igin memblokir situs jual beli online.

C. ALAT dan BAHAN

- mikrotik
- laptop / komputer
- kabel RJ45
- koneksi internet

D. JANGKA WAKTU

- 15 menit

E. LANGKAH-LANGKAH

- siapkan router
- hubungkan komputer / laptop dengan mikrotik untuk meremot mkrotik
- ikuti proses dan langkah langkah sebagai berikut



F. PROSES


  1. pertama konekkan mikrotik dan komputer denga internet 


     cek dengan ping 8.8.8.8 pada mikrotik dan komputer

2. selanjutnya kita masuk pada ip>firewall>address list







3. selanjutnya kita klik tambah dan dan beri nama pada new adress lists dan beri ip address situs yang ingin di blokir dengan cara masuk ke termina dan ketik ( nslookup tokopedia.com ) karena saya akan memblokir situs tersebut . fungsi nama tersebut adalah sebagai pengelompokkan untuk nanti kita menyeting di dest.address list pada advance di new firewal filter list.



3. selanjutnya berinama tokopedia.com pada coment yang ada pada tool adress lists yang berbentuk kutak dan berwara kuning, lalu klik duakali dan berilah nama di situ sesuai situs yang ingin anda blokir.

4.selanjutnya kita buat lebihbanya ip situs yang ingin di blokir dengan dengan memasukan ip situs tersebut. bedanya hanya pada saat memberi comen di adresslist itu adalah nama DNS nya berbeda.dan selain ip dan comennya yang berbeda dan setingan lainya itu sama.contoh sebagai berikut.













5.selanjutnya kita ke filter rules klik tambah dan liha pada gambar di bawah ini.




6. lalu apply ok


7.setelah selesai kita coba semua situs yang tadi kita blokir di browser, jika berhasil maka akan seperti pada gambar di bawah ini.







G. HASIL YANG DIDAPAT

- internet yang terhubung ke jaringan mikrotik yang sudah di setting firewall nya untuk tidak bisa mengakses suatu situs maka client tidsk akan bisa mengakses situs terdedebut.

H. PENEMUAN PERMASALAHAN

- biasanya situs situs besar memiliki banyak ip adress / DNS

I. KESIMPULAN


J. REFERENSI


- buku MTCNA
- internet

1 komentar:

  1. Bang ada abstraknya gak bang tentang keamanan jaringan address list

    BalasHapus

Additional

Maybe if you like and want to request a blog post? You can do this through email messages. Or through social media messages below.




Comments

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *